Studi ini bertujuan untuk mengetahui efek pendidikan kewirausahaan terhadap sikap entrepreneur mahasiswa. Studi ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan deskriptif eksploratif dengan subyek penelitian sebanyak 35 mahasiswa pendidikan biologi. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan skala Likert dan yang telah divalidasi ahli. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial dengan uji regresi linier. Hasil studi yaitu (1) minat berwirausaha mahasiswa laki-laki memiliki rata-rata sebesar 3,28 dengan kategori Baik dan mahasiswa perempuan sebesar 3,03 dengan kategori Baik; (2) tidak ada perbedaan signifikan minat berwirausaha antara mahasiswa laki-laki dan perempuan dengan nilai signifikansi uji Kruskal Wallis sebesar 0,254 lebih besar dari nilai alpha pengujian (>0,05). Hasil studi yaitu (1) persepsi mahasiswa terhadap pendidikan kewirausahaan adalah kategori baik dengan rata-rata sebesar 3,15 dan sikap entrepreneur mahasiswa adalah kategori baik dengan rata-rata skor sebesar 3,06; (2) ada pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap sikap entrepreneur mahasiswa denganĀ nilai signifikansi (p) 0,000 lebih kecil dari 0,05 (<0,05); (3) nilai R Square sebesar 0,748 atau 74,8% yang artinya bahwa pendidikan kewirausahaan mempengaruhi sikap entrepreneur mahasiswa sebesar 74,8% dan sisanya dipengaruhi variabel atau faktor lainnya. Effects of Entrepreneurship Education on Student Entrepreneurial Attitudes Abstract This study aims to determine the effect of entrepreneurship education on student entrepreneurial attitudes. This study is an ex post facto research with an exploratory, descriptive approach with 35 biology education students as research subjects. The instrument used is a closed questionnaire with a Likert scale validated by experts. The research data were analyzed descriptively and statistically inferential with a linear regression test. The results of the study are (1) male students' interest in entrepreneurship has an average of 3.28 in the Good category and female students at 3.03 in the Good category; (2) there is no significant difference in the interest in entrepreneurship between male and female students with the significance value of the Kruskal Wallis test of 0.254 more significant than the alpha test value (> 0.05). The results of the study are (1) students' perceptions of entrepreneurship education are in a good category with an average of 3.15, and students' entrepreneurial attitudes are in a good category with an average score of 3.06; (2) there is an effect of entrepreneurship education on students' entrepreneurial attitudes with a significance value (p) of 0.000 less than 0.05 (<0.05); (3) the value of R Square is 0.748 or 74.8%, meaning that entrepreneurship education affects students' entrepreneurial attitude by 74.8%, and other variables or factors influence the rest.
Copyrights © 2022