Pandemi Covid-19 yang terjadi membuat semua mengalami perubahan, salah satunya aspek pendidikan yang ada di perguruan tinggi. Hal tersebut mempengaruhi dalam proses pengerjaan tugas akhir mahasiswa seperti menghindar atau melakukan penundaan yang merupakan sebuah sikap yang mengarah pada perilaku prokrastinasi akademik. Penundaan secara sadar dan berulang-ulang dalam mengerjakan tugas akhir tentu memberikan banyak dampak negatif bagi mahasiswa salah satunya tidak lulus tepat waktu yaitu lebih dari delapan smester. Perilaku prokrastinasi akademik ini dapat berkurang salah satunya dengan memiliki regulasi diri yang baik. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara regulasi diri dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dan prokrastinasi akademik dengan arah korelasi negatif (rxy= -0,336; p= 0,015).
Copyrights © 2023