Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, dunia pendidikan saat ini juga semakin berkembang dan mengalami kemajuan. Berbagai macam pembaruan dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan tersebut diperlukan berbagai inovasi dan terobosan baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, dan sarana serta prasarana pendidikan yang mendukung. Dalam upaya ketersedian sumber bahan ajar mata pelajaran informatika. Pengembangan media pembelajaran adalah serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berdasarkan teori pengembangan yang telah ada. Namun dalam praktiknya media pembelajaran seringkali diabaikan, padahal media menjadi salah satu daya tari untuk melakukan pembelajaran. Peneliti bertujuan mengembagkan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Dampak Sosial Informatika Kelas X diharapkan dapat meningkatkan ketertarika belajar mengajar kepada siswa kelas X. metode yang digunakan model 4D yaitu tahap pendifinisian (define), tahap perancangan (design), pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (dissenminate). Model 4D berfungsi juga untuk pengembangkan contohnya seperti model, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan bahan ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan adanya studi pendahuluan, validasi ahli media dan materi, dan penyebaran angket kepada peserta didik kelas X.media ini kemudian divalidasi oleh ahli materi mendapatkan nilai validitas 90,6% dan mendapatkan nilai validasi oleh ahli media dengan nilai validitas 80%. Kemudian diperkuat dengan uji respon kepada peserta didik mendapatkan nilai 88%. Berdasarkan data tersebut dapat dibuktikan bahwa media pembelajaran interaktif materi dampak social informatika kelas X sangat mudah digunakan dalam pembelajaran di SMA Telekomunikasi Sekar Kemuning.
Copyrights © 2025