Siswa kelas 5 SDN Jati dalam pembelajaran materi siklus air diketahui belum memahami kemampuan menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi karena guru hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah, penugasan, dan bahan ajar berupa buku paket. Saat pembelajaran, guru menjelaskan materi tidak didukung dengan media pembelajaran. Selain itu, berdasarkan data hasil nilai ulangan siswa pada materi siklus air masih di bawah rata-rata KKM yaitu 73. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penggunaan media visual untuk materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi siswa kelas 5 SDN Jati. Media visual merupakan alat yang dapat digunakan sebagai peraga untuk menyampaikan materi pembelajaran. Dengan demikian media visual siklus air dapat dijadikan sebagai alat peraga untuk membantu para siswa memahami materi siklus air dengan jelas dan mudah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian menggunakan metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemapuan menganalisis materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi menggunakan media pembelajaran media visual, untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemapuan menganalisis materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi menggunakan media pembelajaran media cetak, untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh media pembelajaran media visual dan media cetak pada siswa kelas 5 SDN Jati Kabupaten Kediri. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh signifikan penggunaan media visual terhadap kemampuan menganalisis materi siklus air, dengan nilai t-hitung sebesar -11,961 yang lebih besar dari t-tabel (±2,093) pada taraf signifikansi 5%, (2) Ada pengaruh signifikan penggunaan media cetak terhadap kemampuan menganalisis materi siklus air, dengan nilai t-hitung sebesar -18,525 yang lebih besar dari t-tabel (±2,093) pada taraf signifikansi 5%, dan (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan media visual dan media cetak terhadap kemampuan menganalisis materi siklus air, dengan nilai t-hitung sebesar 9,579 yang lebih besar dari t-tabel (2,024) pada taraf signifikansi 5%.
Copyrights © 2025