Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam taktik pemasaran yang digunakan oleh BMT NU Grujugan Cabang Bondowoso dalam mempromosikan produk pembiayaan Cinta Emas dalam upaya menarik lebih banyak nasabah. Fokus utama penelitian ini adalah untuk menentukan taktik pemasaran yang digunakan, efektivitasnya, dan faktor-faktor yang mendukung atau menghambat penerapannya. Pengamatan langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam pendekatan penelitian kualitatif. Menurut hasil penelitian, segmentasi pasar, penargetan, penempatan, dan bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan distribusi) merupakan beberapa metode pemasaran yang digunakan. Lebih jauh, penelitian ini menemukan bahwa keterlibatan masyarakat, strategi digital, dan edukasi keuangan Islam sangat penting dalam meningkatkan daya tarik produk. Meskipun demikian, terdapat sejumlah kendala, termasuk ketidaktahuan masyarakat umum tentang keuangan Islam dan keterbatasan akses internet bagi sebagian kelompok. Diharapkan BMT NU akan menggunakan temuan penelitian ini sebagai panduan untuk meningkatkan pendekatan pemasarannya agar dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap solusi pembiayaan Cinta Emas.
Copyrights © 2025