Jurnal Medika Mengabdi
Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Medika Mengabdi

PEMBERDAYAAN GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DALAM DETEKSI DINI DAN INTERVENSI GANGGUAN FONOLOGI DAN ARTIKULASI PADA ANAK DISABILITAS

Sudarman (Unknown)
Roy Romey Daulas Mangunsong (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Anak dengan masalah keterlambatan bicara tentu akan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Meskipun sulit, anak dengan keterlambatan bicara pasti akan menemukan cara agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Berbicara menjadi salah hal penting dalam kehidupan manusia, karena dengan berbicara manusia dapat berkomunikasi dengan orang lain. Sasaran dalam pelaksanaan kegiatan Pemberdayaan ini adalah Sasaran kegiatan pengabmas ini adalah Guru dan Orang tua di SLB C Setya Dharma Surakarta dan masyarakat. Metode yang digunakanan adalah dengan penyuluhan dan pelatihan pada guru dan masyarakat. Hasil analisis perbandaingan sebelum dan sesudah penyuluhan diketahui dengan nilai negetif ranks pada N=0, mean renks=0.00 dan sum of ranks=0.00. Sedangkan hasil analisis diketahui nilai Asymp.Sig. Sig (2 tailed) = 0.00, yang artinya da peningkatan penyululuhan perbadingan sebelum dan sesudah penyuluhan. Pemberdayaan guru dan orang tua siswa dalam Deteksi dan Intervensi Gangguan Artikulasi Fonologi pada Anak, telah dilaksanakan di SLB C, Setya Dharma Surakarta, di ikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari guru dan orang tua siswa SLB C Setya Dharma Surakarta yang dilaksanakan 4 tahap yaitu penjajagan lahan, pengurusan ijin, penyuluhan pelatihan dan evluasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Medika Mengabdi menerima naskah original yang berfokus pada hasil pengabdian masyarakat multidisiplin dengan ruang lingkup sebagai berikut: 1. Public Service, Community, Local Food Security Pelayanan publik untuk masyarakat, program ketahanan pangan lokal, dan strategi peningkatan ...