Elementary Education Research
Vol 2, No 4 (2017): NOVEMBER 2017

PENGARUH MEDIA E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 20 BANDA ACEHPENGARUH MEDIA E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 20 BANDA ACEH

Rahmatia, Maya (Unknown)
Monawati, Monawati. (Unknown)
Darnius, Said (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2017

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah membawa perubahan pesat dalam aspek kehidupan manusia. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak cukup berarti dalam perkembangan IPTEK adalah bidang pendidikan. Salah satu produk IPTEK untuk pembelajaran adalah media e-learning. Penelitian ini berupaya untuk melihat apakah terdapat pengaruh media e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Hipotesis penelitian ini ada pengaruh media e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang siswa kelas IV-3 yang terdiri dari 18 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik Uji-t pada taraf 5% (=0,05).Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, karena thitung ttabel yaitu 4,8 2,042, sehingga H0 ditolak atau H1 diterima maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Kemampuan siswa menyelesaikan soal tes yang berhasil yaitu 78,12%.Kata kunci: Kecerdasan Logika Matematika, Kedisiplinan Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...