Elementary Education Research
Vol 4, No 4 (2019): NOVEMBER 2019

PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF DI KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH

Diani, Asma (Unknown)
Suwarno., Suwarno (Unknown)
Mislinawati., Mislinawati. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2019

Abstract

Kurang menguasai pengelolaan kelas adalah salah satu penyebab tidak tercapaianya pembelajaran yang efektif. Penelitian ini mengangkat masalah Apakah ada pengaruh antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Hipotesis penelitian yakni terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh dengan populasi sebanyak 140 siswa dan sampel sebanyak 104 siswa. Populasi diambil dari 4 kelas, yaitu kelas VA, VB, VC, dan kelas VD. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dari masing-masing variabel dengan menggunakan skala likert. Uji reliabilitas dan uji prasyarat analisis menggunakan SPSS 16.0. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 16,0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gambaran pengelolaan kelas pada kriteria tinggi dengan rata-rata 136,99 dan frekuensi relatif 60,4% dan pembelajaran efektifberada pada kriteria tinggi dengan perolehan rata-rata 94,97 dan frekuensi relatif 58,92%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Terbukti dari hasil analisis korelasi antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektifdiperoleh nilai korelasi 0,714 0,1927 dan signifikan 0,000 0,005. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...