Elementary Education Research
Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020

KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA HIPERAKTIF DI KELAS II SD NEGERI 20 BANDA ACEH

Ulfah, Novia (Unknown)
Monawati., Monawati (Unknown)
Yusuf, M. Nasir (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah (1) Bagaimanakemampuan berhitung siswa yang memiliki perilaku hiperaktif di kelas II SD Negeri 20 Banda Aceh? (2) Adakah pengaruh perilaku hiperaktif terhadap kemampuan berhitung?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahuibagaimana kemampuan berhitung yang terjadi pada anak yang memiliki perilaku hiperaktif. (2) mengetahuibagaimana pengaruh perilaku hiperaktif terhadap kemampuan berhitung anak. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SDN 20 Banda Aceh dengan subjek 3 siswa yang merupakan anak hiperaktif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Pengolahan data menggunakan rumus deskriptif persentase. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan berhitung siswa yang memiliki perilaku hiperaktif berada pada kategori baik. Perilaku hiperaktif tidak mempengaruhi kemampuan berhitung siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai tes kemampuan berhitung siswa yang hiperaktif dan non-hiperaktif. Dimana siswa yang memiliki perilaku hiperaktif berada pada kategori baik dengan perolehan rata-rata 74,67. Sedangkan siswa yang non-hiperaktif berada pada kategori cukup dengan perolehan rata-rata 69,71.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...