Elementary Education Research
Vol 6, No 1 (2021): FEBRUARI 2021

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH

Lubis, Fahmi Chairurozika (Unknown)
Monawati, Monawati (Unknown)
Yamin, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2021

Abstract

Pendidikan iadalah icikal ibakal idan itonggak ibagi igenerasi imuda iuntuk selalu kreatif idan iaktif idalam imeningkatkan ikualitas isumber idaya imanusia. Membangun sebuah ikapabilitas iunggul imengharuskan ipeserta ididik iuntuk selalu ibelajar idan mampu imemecahkan masalah idi kehidupan inyata. iPenelitian ini ibertujuan iuntuk menganalisis idan imendeskripsikan ikemampuan isiswa dalam imenyelesaikan isoal cerita ipada imateri ipecahan idi ikelas iV iSD iNegeri 22 iBanda iAceh. Jenis ipenelitian ideskriptif idengan ipendekatan ikualitatif. iSampel ipada penelitian iini imenggunakan i30 iorang isiswa idengan irincian i13 iorang ilaki laki dan i17 iorang perempuan. Sampel imerupakan isiswa ikelas V yang imenempuh Pendidikan idi iSD iNegeri 22 Banda Aceh. iPengumpulan idata imenggunakan iteknik wawancara idan ites iuntuk imengeksplorasi ikemampuan isiswa idalam menyelesaikan soal icerita ipada imateri ipecahan. iHasil iobservasi iyang itelah diperoleh iselanjutnya dilakukan ianalisis imenggunakan iteknik ipersentase i(%) untuk imenggambarkan, mendeskripsikan idan imengevaluasi ikemampuan isiswa dalam imemecahkan isoal cerita ipada imateri ipecahan. Hasil ipenelitian imenunjukkan i4 orang (13%) imasuk kategori isangat baik, 6 orang (20%) imasuk ikategori ibaik, i14 orang (47%) imasuk ketegorii gagal. Hasil yang diperoleh imenunjukkan ikemampuan isiswa idalam menyelesaikan isoal cerita pada materi ipecahan idi ikelas iV iSD Negeri i22 Banda Aceh imemperoleh inilai rerata (mean) 58 dengan ikategori icukup. iRerata kemampauan isiswa menyelesaikan soal cerita pada imateri ipecahan isebesar 75% iberdasarkan ikemampuan imemahami masalah, 73% imerencanakan pemecahan masalah, 49% imelaksanakanimasalah idan i46% pemeriksaan ikembali soal iyang itelah idipecahkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...