Penggunaan pendekatan pembelajaran yg sempurna sangat menghipnotis pada upaya mencapai ketuntasan hasil belajar murid, walaupun di SD Negeri Tangsi Lama hasil belajar siswa masih tergolong rendah jika reratanya di bawah KKM. khususnya pada materi perkalian. Metode Matematik Realistis merupakan metode pendekatan pembelajaran yg penekanannya adalah kehidupan situasi nyata siswa dan siswa mengkonstruksi pemahamannya sendiri. perumusan msalah dalam penelitian ini yaitu apkah trdapat pengaruh pendkatan matematik realistis pada hasil belajar siswa di materi perkalian di kelas III SDN Tangsi Lama. Sehingga penelitian ini bertujuan untk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan matematik realistis terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian di kelas III SD Negeri Tangsi Lama. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian merupakan eksperimen semu atau pra-eksperimental menggunakan contoh One Grop Prettest Posttest Desigs. Pada penelitian ini sebagai populasi merupakan siswa kelas III SD Negeri Tangsi Lama, dan yg sebagai sampel dalam penelitiam ini merupakan semua siswa kelas III SD Negeri Tangsi Lama yg berjumlah 31 orang. Pengumpulan data telah dilaksanakan pada tanggal 29 Maret sampai dengan 03 April 2021. Tekniik pengumpulan data dilaksanakan menggunakan tes essay sebanyak 5 soal. Teknik analisa data memaksi statistic uji-t. Hasil penelitian menampakkan bahwa menggunakan tingkat signifikan 0,05 dk = n 1 =31 1 =30 maka daftar distribusi t menggunakan t(1- )(n-1) = t(0,95)(30) sebagai akibatnya diperoleh t(0,95)(30) = 1,70 lantaran thitung ttabel, yaitu 11,5 1,70. Dengan demikian Ho di tolak Ha di terima, sebagai akibatnya penerapan pendekatan matematika realistik yang diterapkan dalam materi perkalian bagi siswa kellas III SD Negeri Tangsi Lama mempengaruh hasil belajar. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa pnerapan pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian untuk siswa kelas III SD Negri Tangsi Lama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021