Elementary Education Research
Vol 4, No 2 (2019): MEI 2019

FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 PAGAR AIR ACEH BESAR

Putri, Nelia Hera (Unknown)
M. Yamin, M. Yamin (Unknown)
Sulaiman, Sulaiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi peserta didik kelas III SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan literasi peserta didik kelas III SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan literasi peserta didik kelas III SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dikelas III SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar dengan subjek penelitian sebanyak 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah tes, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes membaca terlihat dari empat macam kriteria membaca yang dinilai yaitu terdapat 14 peserta didik atau sebesar (45,16%) yang sangat mampu membaca, 10 peserta didik sebesar (32,25%) yang mampu, dan 6 peserta didik sebesar (19,35%) yang cukup mampu membaca. Dan hasil tes menulis menunjukan sebagian besar telah mampu dalam menulis yaitu 7 peserta didik atau sebesar (22,58%) sangat mampu,12 peserta didik sebesar (32,26%) tergolong mampu, 11peserta didik sebesar (35,48%) tergolong cukup mampu, dan 1 peserta didik sebesar (3,23%) tergolong kurang mampu. Dari hasil wawancara menyatakan bahwa minat membaca peserta didik dan kepedulian orang tua terhadap pendidikan peserta didik sangat mempengaruhi literasi. Hasil dokumentasi menunjukan perbedaan usia dari peserta didik, bahwa peserta didik yang lebih tua dari yang lainnya sedikit mempengaruhi literasi. Dari hasil dokumentasi biodata orang tua yaitu orang tua yang berpendidikan rendah berjumlah 12 orang yang pendidikan menengah atas sebanyak 31 orang, sedangkan yang berpendidikan tinggi sebanyak 19 orang, sehingga terlihat dari orang tua yang berpendidikan tinggi dan menengah lebih mampu dalam literasi dibanding dengan orang tua berpendidikan rendah.Maka dari hasil penelitian yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa usia, minat, dan peran orang tua jelas mempengaruhi kemampuanliterasi peserta didik itu sendiri

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...