Elementary Education Research
Vol 3, No 4 (2018): OKTOBER 2018

Upaya Guru Berprestasi (Teladan) Dalam Pembentukan Karakter Siswa (Studi Kasus) di Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeuneurut Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi

Aftalia, Virna (Unknown)
Israwati., Israwati (Unknown)
Habibah, Syarifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Upaya guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter siswa (studi kasus) di Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeuneurut Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeuneurut?Dan apa saja hambatan yang dihadapi guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter di Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeuneurut?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeuneurut dan untuk mengetahui apa saja hambatan yang dihadapi guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter di Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeuneurut.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru berprestasi (teladan) sebagai informan utama dan 7 orang siswa sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kepada guru, wawancara kepada guru dan siswa serta studi dokumentasi rekapitulasi nilai siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian, upaya guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter siswa sudah baik terlihat guru selalu membimbing, mengasuh, mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik agar menjadi siswa yang berkarakter. Guru tidak memiliki hambatan dalam pembentukan karakter siswa, karena jika ada kemauan didalam diri guru untuk membentuk karakter siswa maka hambatan tersebut tidak akan ada.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...