Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Keterampilan Mengajar Guru Kelas di SD Negeri 16 Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan mengajar pada guru kelas di SD Negeri 16 Banda Aceh dan apakah kendala yang dihadapi oleh guru kelas dalam menerapkan keterampilan mengajar di SD Negeri 16 BandaAceh. Riset Studi ini berniat buat mendapati keterampila mengaja pada pengajar kelas di SD Negeri 16 Banda Aceh, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru kelas dalam menerapkan keterampilan mengajar di SD Negeri 16 BandaAceh.Pendekatan dalam penelaahan ini mengenakan strategi deskriptif kualitatif. Subjek penelaahan yakni enam orang pengajar kelas. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan keterampilan mengajar yang dilakukan oleh guru di SDN 16 Banda Aceh telah mencapai hasil yang sangat baik. sebagaimana yang diketahui berdasarkan hasil observasi bahwa pelaksanaan yang dilakukan oleh guru mencapai nilai rata-rata 4,9 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Keterampilan yang dimiliki oleh guru dalam mengajar telah memadai untuk mendukung proses pembelajaran dikelas. Siswa terlibat aktif dalam proses belajar baik yang dilakukan secara individu maupun secara kelompok. Siswa aktif dalam memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, mengungkapkan gagasannya, dan menyimpulkannya. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan keterampilan mengajar bertanya mengenai pelajaran kepada siswa, menyediakan media pembelajran yang dapat menarik perhatian siswa, guru sulit menciptakan komunikasi antara siswa dengan guru ataupun siswa dengan siswa lainnya. biasannya komunikasi terjalin satu arah, yaitu dari guru kepada siswa, kendala dalam memastikan bahwa semua siswa dapat memahami penjelasan guru dan kendala dalam melibatkan siswa aktif untuk berdiskusi.
Copyrights © 2018