Elementary Education Research
Vol 3, No 1 (2018): FEBRUARI 2018

PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD GUGUS MARKISA KOTA BANDA ACEH

mutya, Nur (Unknown)
nurhaidah., Nurhaidah (Unknown)
M. Yamin., M. Yamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru mengenai penilaian autentik dalam pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh dan menggambarkan pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh.Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya semua guru kelas I dan IV SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh yang berjumlah 12 orang. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: pemahaman guru sudah baik mengenai penilaian autentik, dapat dilihat pemahaman guru tentang penilaian autentik. Pelaksanaan penilaian autentik yang guru terapkan dalam pembelajaran tematik meliputi penilaian kompetensi sikap, religius, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan dengan observasi (pengamatan), penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal. Penilaian pengetahuan dilaksanakan dengan tes tertulis, lisan, dan penugasan. Dan Penilaian keterampilan dilaksanakan melalui unjuk kerja, proyek dan portopolio.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...