Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru mengenai penilaian autentik dalam pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh dan menggambarkan pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh.Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya semua guru kelas I dan IV SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh yang berjumlah 12 orang. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: pemahaman guru sudah baik mengenai penilaian autentik, dapat dilihat pemahaman guru tentang penilaian autentik. Pelaksanaan penilaian autentik yang guru terapkan dalam pembelajaran tematik meliputi penilaian kompetensi sikap, religius, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan dengan observasi (pengamatan), penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal. Penilaian pengetahuan dilaksanakan dengan tes tertulis, lisan, dan penugasan. Dan Penilaian keterampilan dilaksanakan melalui unjuk kerja, proyek dan portopolio.
Copyrights © 2018