Arahan dikasih agar dapat membantu dan masalah peserta didik, masalah tersebut diantaranya malas belajar, kurang motivasi dalam belajar, susah memahami pelajaran, mudah tersinggung sehingga menimbulkan perkelahian, suka membeda-bedakan teman bahkan menjauhi teman yang tidak disukainya. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru ruang di Sekolah Dasar Negeri 02 Banda Atjeh, (2) Bagaimanaakah perkemmbangan peserta didik SD Negri 02 Banda Atjeh mendapat layanan bimbingan dan konseling dari guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru ruang dan dapat mengetahui perubahan peserta didik setelah mendapatkan layanan bimbingan dan konselingPenelitia ini menggunakan bentuk kualitatif dan model deskriptif. Yang menjadi sampl pada penelitin ini adalah 6 responden guru ruang di Sekolah Dasar Negeri 02 Banda Atjeh. cara mengambil data dilakukan dengaan wawancara dan dokumentasi. Cara analisdata dalam penelitin ini dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.peneliti diperoleh informasi bahwa pelaksanaan layanan bimbingaan dan konseling yang dilakukan oleh guru ruang mencakup kedalam 4 bgian bimbingan dan konseling, yang meliputi bidang bimbingan pribadi, bidaang bimbingan sosial, bidang bimbingan belajar, dan bidang bimbingan karier. Pemberian layanan bimbingan dan konseling berdasarkan bidang-bidangnya banyak dilakukan dengan cara memberikan semangat, nasehat, dan motivasi.Simpuln penilitian adalah (1) pelaksanaana layanan bimbingan dan konseling dilakukan oleh masing-masing guru ruang dengaan menggunakani tekhnik electiccounseling. (2) Hasil bimbingan yang diperoleh adalah perubahan sikap dan kemampuan yang ditunjuk peserta didik kearah yang lebih baik. Tetapi perkembangan peserta didik tidak dicatat oleh guru secara bertahap. Tetapi guru hanya melihat keseluruhan dari tingkah laku peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018