Dalam konteks ini kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk pemecahan masalah bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk pemecahan masalah bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar?. Secara khusus penelitian ini bertujuan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk pemecahan masalah bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar.Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dimana komponen reduksi data yaitu terdiri dari 4 soal tes dan wawancara terhadap 22 orang siswa yang terkait kesulitan menyelesaikan soal cerita dalam bentuk pemecahan masalah, dan sajian data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data setelah data terkumpul maka kedua komponen dianalisis.Berdasarkan hasil analisis data temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, setelah dilakukan tes berupa 4 soal dalam bentuk soal cerita dan wawancara terkait kesulitan menyelesaikan soal cerita. Dari 4 soal tes terdapat 2 sol tes dengan materi aritmatika dan 2 soal tes materi pengukuran satuan jarak terhadap siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar.Simpulan siswa tidak mampu dalam menyelesaikan soal cerita dalam bentuk pemecahan masalah di kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017