Elementary Education Research
Vol 2, No 2 (2017): AGUSTUS 2017

ANALISIS KESALAHAN SISWA MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA DI KELAS V SDN 37 BANDA ACEHANALISIS KESALAHAN SISWA MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA DI KELAS V SDN 37 BANDA ACEH

Yulia, Rini (Unknown)
fauzi, Fauzi. (Unknown)
Awaluddin, Awaluddin. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2017

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Kesalahan SiswaMengerjakan Soal Matematika di Kelas V SDN 37 Banda Aceh. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah kesalahan apa saja yang dilakukan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika semester genap di kelas V SDN 37 Banda Aceh?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada semester genap di kelas V SDN 37 Banda Aceh.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalahan seluruhsiswakelas V SDN 37 Banda Aceh yang berjumlah 26siswa, terdiri dari 16 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan dokumentasi dan interview/wawancara. Tujuan dari dokumentasi adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada semester 2. Adapun tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasitentang alternatif pilihan jawaban dan menganalisis kesalahan siswa terhadap soal yang diberikan.Berdasarkan analisis data hasil penelitian ini dapat disimpulkan siswa lebih banyak melakukan kesalahan konsep daripada kesalahan prinsip, kesalahan operasi, kesalahan dikarenakan kecerobohan. Kesimpulan tersebut berdasarkan data hasil analisis yakni persentase kesalahan konsep 35,54%; persentase kesalahan prinsip 31,24%, persentase kesalahan operasi 21,95%, dan persentase kesalahan dikarenakan kecerobohan 11,27%..Kata Kunci : analisis kesalahan, soal matematika

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...