Barik
Vol. 3 No. 2 (2022)

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI ONLINE SEBLAK SALIWANG SEBAGAI UMKM DI SIDOARJO

Viadiputra, Krisna Lesmana (Unknown)
Kusumandyoko, Tri Cahyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Seblak saliwang merupakan salah satu usaha makananan yang bergerak dibidang kuliner. Perencanaan yang akan dilakukan adalah merancang media promotion yang tepat dan sesuai dengan target audiens serta target market seblak saliwang. Lebih tepatnya media promosi dalam usaha menyebabkan kurangnya awareness dikalangan masyarakat. Untuk itu, seblak saliwang menginfokan promosi ini dengan cara yang berbeda agar lebih unggul dari para pesaingnya. Rencana ini memberikan suatu konsep promotion yang sesuai dengan positioning seblak saliwang sebagai usaha makanan yang mengutamakan kenyamanan, masakan yang di masakan oleh owner secara langsung menggunakan bumbu rahasia serta memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Rencana media promotion ini dilakukan melalui perencanaan yang efektif menggunakan SWOT sebagai alat penetapan strategi kreatif agar hasilnya sesuai dengan karakteristik pasar. Kegiatan promosi yang dilakukan adalah promosi berupa media cetak dan promosi konten media sosial dengan pilihan media video atau gambar bergerak sebagai media utama dan media pendukungnya seperti promosi, stiker, brosur, leaflet, merchandise, x-banner, Signage (Papan Nama Toko). Melalui perancangan media promosi ini seblak saliwang akan kembali menjadi usaha makanan yang diminati masyarakat, terutama di kota Sidoarjo. Kata kunci : Usaha, Perencanaan, Media promosi, Kuliner.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JDKV

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

About the Journal Jurnal Barik is a scientific journal focused on Visual Communication Design. Managed by an experienced editorial team, this journal accepts articles related to various aspects of design, ranging from theory, practice, to the latest technologies in the field of visual design. ...