cover
Contact Name
Tri Cahyo
Contact Email
tricahyo@unesa.ac.id
Phone
+62 812-3316-215
Journal Mail Official
tricahyo@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung T14 Lantai 2 FBS Unesa Kampus Unesa 2, Kel Lidah Wetan, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Barik
ISSN : -     EISSN : 27471195     DOI : 10.26740/jdkv.v7i1
About the Journal Jurnal Barik is a scientific journal focused on Visual Communication Design. Managed by an experienced editorial team, this journal accepts articles related to various aspects of design, ranging from theory, practice, to the latest technologies in the field of visual design. Managed by: UNESA Published online Journal history Focus and Scope Jurnal Barik includes scientific articles covering the following topics: Branding and Visual Identity Advertising and Promotional Design Illustration Digital and Interactive Media Typography Photography in Design Animation and Multimedia UX/UI Design Design Theory and Criticism Environmental and Spatial Design Design and Culture Design Education
Articles 347 Documents
PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA STERILISASI PADA KUCING FIRDAUS, ANITA; LANI ANGGAPUSPA, MEIRINA
BARIK Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdkv.v1i1.31799

Abstract

Perancangan ini dilatar belakangi karena kurangnya pemahaman serta kepedulian akan sterilisasi pada kucing yang belum menjangkau masyarakat secara menyeluruh. Adanya iklan layanan masyarakat merupakan salah satu media yang diharapkan dapat mengedukasi serta persuasif tentang tanggung jawab serta pentingnya sterilisasi pada kucing, juga berbagai akibat dan pengaruh apabila tidak terlaksananya sterilisasi. Proses perancangan berangkat dari potensi dan masalah yang ada, kemudian dilanjutkan dengan hasil pembahasan data observasi yang mana akan mengarahkan pada rencana rancangan produk. Hasil rancangan poduk kemudian dilanjutkan dengan menyiapkan thumbnail desain yang mana akan disediakan 3 thumbnail per desain produk. Kemudian dilanjutkan dengan tight tissue, yang mana hasilnya berupa desain yang telah terpilih dari bentuk thumbnail. Terakhir adalah hasil desain atau final desain yang akan di eksekusi atau dipakai dalam proses perancangan ILM tersebut. Media yang digunakan berupa poster sebagai media utama, kemudia ditambahkan beberapa media pendukung. Konsep yang digunakan yakni folk illustration yang diharapkan dapat memberi hasil karya yang sesuai dengan tema perancangan. Dengan demikian, informasi dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami oleh masyarakat khususnya pemelihara dalam menjaga kelangsungan hidup kucing. Kata kunci: Iklan, iklan layanan masyarakat, sterilisasi, kucing
PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI TENTANG PANDUAN MENU SEHAT UNTUK MENCEGAH PENYAKIT DIABETES MARTIKA ANDRIANI, VICKI; ARYANTO, HENDRO
BARIK Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdkv.v1i1.31800

Abstract

Diabetes merupakan penyakit serius yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, penderitanya dari usia muda sampai tua. Pola makan yang sembarangan merupakan faktor terbanyak penyebab diabetes pada era modern seperti sekarang ini, banyak menu-menu baru makanan siap saji atau junkfood yang kurang bergizi membuat banyak orang terlena dan lupa akan pentingnya asupan nutrisi sehat dan bergizi bagi tubuh. Hal itu membuat angka penderita diabetes semakin bertambah di setiap tahunnya, khususnya di kota-kota besar seperti Surabaya. Tujuan perancangan ini memberikan informasi tentang penyakit diabetes serta panduan menu sehat untuk mencegah penyakit diabetes. Tahapan dalam perancangan ini meliputi pengumpulan data, analisis data, penyusunan konsep, dan pembuatan desain final. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis SWOT, dari data tersebut akan dijadikan bahan untuk menentukan konsep yang sesuai untuk perancangan buku ilustrasi tentang panduan menu sehat untuk mencegah diabetes. Pada proses perancangan buku ilustrasi ini, konsep yang digunakan yakni full colour and fun, karena sesuai target perancangan dan diharapkan audient/target dari perancangan ini merasa termotivasi dan mudah memahami isi dari buku ilustrasi tersebut. Visualisasi karya dilakukan dengan tiga tahap perancangan, yaitu pembuatan , tight tissue, dan desain final. Produk perancangan ini berupa buku ilustrasi berukuran 20 x 20 cm, dengan gaya penggambaran kartun yang berkesan menggemaskan mengusung tekstur krayon, dan berjumlah 81 halaman. Kata Kunci : ilustrasi, diabetes, menu sehat
PERANCANGAN DESAIN KARTU ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM) UNTUK MENARIK MINAT NASABAH REMAJA ANANDRA, ADE; MARTADI
BARIK Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdkv.v1i1.31801

Abstract

PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU PANDUAN WISATA KOTA SURABAYA SUSANTI SANTOSO, AINI; MARTADI
BARIK Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdkv.v1i1.31802

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kebutuhan sebuah media promosi dan edukasi terhadap destinasi yang tersebar di kota Surabaya, karena buku panduan wisata yang sudah pernah ada memiliki beberapa catatan sehingga diperlukan penyempurnaan yaitu melalui buku panduan yang baru dengan tujuan untuk mengembangkan buku panduan wisata menggunakan ilustrasi. Sebagai usaha untuk mengenalkan dan mengedukasi wisatawan terhadap destinasi wisata yang ada di kota Surabaya khususnya wisata heroisme, serta untuk mengetahui kelayakan buku panduan wisata kota Surabaya bagi masyarakat dan wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan sumber data berasal dari wawancara secara langsung kepada pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, observasi secara langsung serta data dari internet. Hasil dari penelitian ini melalui penilaian dari validator desain, materi, dan kebahasaan menunjukkan bahwa buku panduan wisata heroisme mendapatkan hasil dengan presentase sebesar 92,68%. Sehingga buku panduan wisata ini sangat layak dan dapat digunakan tetapi masih memerlukan revisi kecil. Kata Kunci: buku panduan, ilustrasi, perancangan, Surabaya, wisata heroisme.
PERANCANGAN PHOTOBOOK TEMPAT WISATA ALAM DI SURABAYA AIRLANGGA; MARSUDI
BARIK Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdkv.v1i1.31803

Abstract

Pariwisata memiliki peranan penting dalam sektor pembangunan perekonomian di wilayah kota Surabaya. Namun sebagian besar destinasi wisatanya belum banyak diketahui oleh masyarakat dalam maupun luar kota Surabaya. Perancangan photobook ini dibuat sebagai media untuk mengenalkan dan mempromosikan tempat wisata alam yang ada di kota Surabaya kepada masyarakat dengan menyajikan informasi berupa kumpulan foto landscape wisata alam Surabaya yang telah ditentukan berdasarkan hasil wawancara dan penelitian pada Dinas Pariwisata kota Surabaya. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi bagaiamanakah konsep, proses, dan juga hasil dari perancangan photobook tempat wisata alam di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan juga validasii. Hasil dari perancangan photobook ini dapat digunakan sebagai media promosi, referensi, dan juga menambah wawasan masyarakat terhadap wisata alam yang dimiliki kota Surabaya. Perancangan photobook ini sudah melalui tahapan validasi dan layak untuk digunakan. Kata Kunci: Wisata Alam, Surabaya, photobook, landscape
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BAB IMAN KEPADA ALLAH UNTUK SISWA SD NEGERI KELAS 1 PUJI DHARMA LESTARI, FERNANDA; CAHYO KUSUMANDYOKO, TRI
BARIK Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdkv.v1i1.31804

Abstract

Media pembelajaran komik materi Iman Kepada Allah dibuat untuk siswa SD Negeri kelas 1 sebagai solusi atas masalah yang dihadapi oleh guru Agama Islam SD Negeri Kraton 2 ketika menggunakan LCD yang membutuhkan penyusunan materi yang rumit dan memakan waktu yang sangat lama ketika harus menggunakan metode ceramah. Media pembelajaran berbentuk komik dibuat untuk memudahkan kegiatan belajar dan mengajar bagi guru dan siswa dalam memahami bab Iman Kepada Allah. Metode analisis yang digunakan adalah metode 5W + 1H dan metode perancangan yang digunakan adalah adaptasi dari metode R and D milik Sugiyono yaitu identifikasi masalah, mengumpulkan data, merancang desain produk, evaluasi dan asistensi desain dan revisi desain. Komik yang dihasilkan adalah media pembelajaran komik berukuran B5 dengan jumlah 32 halaman. Validasi terhadap kelayakan media hasil pengembangan dilakukan oleh ahli materi, yaitu guru Pendidikan Agama Islam. Kata kunci : Perancangan, Media Pembelajaran, Komik, Pendidikan Agama Islam
PERANCANGAN PROTOTIPE DESAIN APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK KORBAN TINDAKAN ASUSILA DI JAWA TIMUR ARIF WICAKSONO SANDI, AKMAD; ROIS ABIDIN, MUHAMAD
BARIK Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdkv.v1i1.31807

Abstract

Pembahasan tentang seksualitas bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah hal yang tabu. Tak terkecuali di Jawa Timur yang kultur agamanya masih sangat kuat. Hal ini seolah menutupi besarnya permasalahan yang berkaitan tentang seksualitas di provinsi ini. Salah satunya adalah masalah tindakan asusila yang merujuk pada kekerasan seksual. Pada permasalahan ini korban tindakan asusila cenderung tidak mendapatkan penanganan yang baik karena susahnya akses terhadap bantuan yang mereka butuhkan.Dari permasalahan ini peneliti merancang sebuah prototipe desain aplikasi berbasis android untuk membantu akses korban kepada kebutuhan mereka. Menggunakan metode yang diadaptasi dari metode penelitian dan pengembangan level 4 milik Prof. Dr. Sugiyono. Diawali dengan studi literatur dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan angket. Lalu dilanjutkan perancangan desain aplikasi berdasarkan hasil penelitian tersebut. Dimulai dari perancangan aset (nama, logo, ilustrasi dan ikon) lalu alur jalannya aplikasi dan didukung dengan media promosi untuk pengenalan aplikasi. Hasil dari percangan tersebut kemudian di validasi kepada ahli materi dan ahli media. Rancangan diubah sedemikian rupa sesuai dengan saran dari validator. Rancangan yang telah diubah mengikuti saran validator menjadi hasil akhir perancangan.Hasil akhir perancangan berupa sebuah prototipe aplikasi berbasis android yang mempermudah akses korban melalui 3 fitur utama aplikasi. Fitur-fitur ini yaitu fitur bantuan psikologi, bantuan hukum, dan artikel. Menggunakan ukuran layar 16:9 dengan total 176 desain halaman yang dikerjakan dan dapat diprototipekan dengan software Adobe XD. Ditampilkan dalam user interface dan user experience yang sederhana menggunakan gaya desain Material Design 2. Kata Kunci: Tindakan Asusila, Kekerasan Seksual, User Interface,User Experience.
PERANCANGAN PAPERCRAFT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 1 IQBAL WAHYUDIN, M; CAHYO KUSUMANDYOKO, TRI
BARIK Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdkv.v1i1.31808

Abstract

Tujuan dari Perancangan ini adalah untuk membuat sebuah media pembelajaran membaca untuk siswa kelas rendah. Media yang akan dirancang kali ini berupa media pembelajaran berbentuk 3D yang menarik, komunikatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa kelas dasar. Perancangan media pembelajaran ini di buwat di karnakan siswa-siswi kelas dasar kelas satu Mi Nurul Huda sebagian besar belum bisa membaca dengan lancar. Sebelum membuat media papercraft, yang dilakukan adalah menganalisis target audiens dari media pembelajaran. Barulah membuat desain atau gambaran, setelah menbuat desain dilanjutkan dengan developing atau pengembangan desain ke bentuk 3D dengan aplikasi 3D. Dari tahap pengembangan di lanjut dengan Implementasi atau mewujudkan karya ke bentuk yang diinginkan. Tahap yang terahir adalah tahap evaluasi, runtutan proses ini disebut dengan tahap ADDIE. Dari alur atau proses di atas tadi barulah terbentuk media pembelajaran papercraft sebagai media pembelajaran membaca. Kata Kunci: media pembelajaran, membaca, papercraft, perancangan, pembelajaran.
PERANCANGAN FEED INSTAGRAM IFFA DEWI MUSLIM WEDDING SERVICE Kariim, Hilmy Naufal; Patria, Asidigisianti Surya
BARIK Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdkv.v1i1.35551

Abstract

Iffa Dewi Muslim Wedding Service adalah salah satu nama usaha yang bergerak di bidang muslim wedding service yang melayani jasa rias pengantin dan menawarkan berbagai paket pernikahan. Media promosi yang selama ini dimiliki usaha ini masih bersifat konvensional, berupa brosur, x-banner, dan kartu nama. Untuk perluasan pasar dan membidik kaum milenial yang tidak bisa melepaskan dari teknologi informasi, maka dipilih promosi berbasis media sosial dengan platform Instagram yang dekat dengan kaum milenial. Tujuan perancangan ini adalah untuk mempromosikan dan memberi informasi kepada konsumen melalui media sosial instagram dalam bentuk aplikasi dan media pendukung seperti buku lookbook. Tahapan dalam perancangan ini meliputi pengumpulan data, analisis data, penyusunan konsep, dan pembuatan desain final. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat) dan USP (Unique Selling Preposition). Proses perancangan desain layout instagram dan media pendukung lookbook, konsep yang digunakan yaitumuslim tradisional yang elegan, sesuai target perancangan dan diharapkan audience dari perancangan ini terkesan mewah. Visualisasi desain dilakukan tiga tahap perancangan, yaitu pembuatan, tighttissue, dan desain akhir. Media pendukung dari perancangan ini berupa lookbook berukuran B5 dan berjumlah 48 halaman. Lookbook ini juga bergaya visual elegan yang berkesan mewah dengan elemen grafis bunga. Kata Kunci: Instagram, Promosi, Strategi Periklanan, Pernikahan, Media Sosial
PERANCANGAN BUKU FOTOGRAFI JERSEY PERSELA LAMONGAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERSELA STORE Munir, Miftakhul; Abidin, Muhamad Ro’is
BARIK Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdkv.v1i1.35624

Abstract

Sederhana, kaya akan sejarah budaya, dan elegan tampaknya tidak cukup bagi jersey Persatuan Sepak Bola Lamongan atau yang dikenal dengan Persela Lamongan untuk memberikan rasa nyaman pemain saat bertanding. Seiring dengan perkembangan dunia sepak bola, jersey yang awalnya hanya sebagai kostum pembeda dua klub saat bertanding, kini menjelma menjadi jubah utama pemain yang harus diperhatikan demi kenyamanan pemain saat bermain. Sebagai salah satu klub sepak bola profesional di Indonesia, Persela Lamongan sudah mengaplikasikan teknologi jersey yang bernilai tinggi untuk menunjang performa pemain. Namun, hal tersebut tidak banyak dimengerti oleh para pencinta sepak bola khususnya fans Persela Lamongan. Oleh karena itu, perancangan ini bertujuan mengangkat popularitas teknologi jersey Persela Lamongan, juga berusaha mengeksplorasikan sisi artistik jersey Persela Lamongan dan menampilkannya dalam buku fotografi jersey Persela Lamongan beserta nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Sehingga masyarkat luas khususnya fans Persela tidak hanya sekedar membeli dan menikmati jersey Persela Lamongan secara kasat mata saja, tetapi juga mengerti nilai-nilai yang ada baik dari sisi artistik maupun teknologi jersey yang dipakai. Selain sebagai media edukasi, perancangan ini juga diharapkan mampu menjadi media promosi untuk meningkatkan popularitas Persela Store selaku Official Merchandise dari Persela Lamongan kepada khalayak umum. Dalam prosesnya, perancangan ini memiliki beberapa poin tentang startegi kreatif yang harus diperhatikan agar hasil perancangan sesuai dengan tujuan yang diinginkan penulis seperti tema, judul, dan konsep penyajian. Kemudian proses pemotretan, editng, hingga proses visualisasi juga harus memerlukan teknik-teknik yang benar baik itu teknik pemotretan, teknik editing foto, dan layouting. Sehingga menghasilkan perancangan yang konseptual, dan bermanfaat. Hasil perancangan ini berupa media dokumentasi jersey Persela Lamongan selama satu dekade terakhir yakni terhitung sejak musim 2010 sampai musim 2020 yang dikemas dalam buku fotografi. Berukuran 21 x 21 cm, buku fotografi ini tidak hanya menampilkan foto jersey Persela Lamongan dan teknologinya saja, melainkan juga sedikit menumbuh kembalikan sepenggal cerita usang Persela Lamongan selama berkontestasi di kasta tertinggi Liga Indonesia yang diharapkan mampu membuat masyarakat Lamongan kian mencintai dan bangga dengan Persela Lamongan. Kata Kunci: Fotografi, Jersey, Persela Lamongan

Page 1 of 35 | Total Record : 347