Perkembangan industri dari berbagai sektor semakin berkembang pesat, salah satunya adalah sektor industri ekonomi kreatif. Akan tetapi industri ekonomi kreatif yang berfokus pada pengembangan film, game, hingga animasi buatan lokal memiliki porsi yang lebih sedikit dibanding buatan luar. Hal ini dikarenakan kurangnya pengembangan konten-konten lokal oleh generasi muda. Padahal Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan budaya yang dapat dimanfaatkan ide konsepnya untuk mendorong perkembangan industri ekonomi kreatif, misalnya ide dasar visual dari Cerita Rakyat. Salah satu Cerita Rakyat yang berpotensi untuk diangkat sebagai ide dasar konsep visual adalah Ande Ande Lumut yang diwujudkan dalam bentuk artbook sebagai ide dasar visual pengembangan produk kreatif animasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep artbook Ande Ande Lumut sebagai ide dasar visual pengembangan animasi; (2) mendeskripsikan proses perancangan artbook Ande Ande Lumut sebagai ide dasar visual pengembangan animasi ?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi literatur, yang diperoleh dari buku, website, jurnal, foto/gambar, yang relevan dengan perancangan artbook. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking oleh Kelley dan Brown (2018) yang meliputi emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil dari penelitian ini adalah berupa artbook Ande Ande Lumut sebagai ide dasar visual untuk pengembangan animasi. Kata Kunci: Artbook, Cerita Rakyat, Ande Ande Lumut, Animasi.
Copyrights © 2023