Barik
Vol. 5 No. 2 (2023)

PERANCANGAN MOTION GRAPHIC 3D SEBAGAI VIDEO PROMOSI PRODUK ES KRIM ADA APA DENGAN KOPI

Harun, Septian Widyadiputra (Unknown)
Kusumandyoko, Tri Cahyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Kopi telah menjadi suatu hasil panen perkebunan dengan peranan penting untuk perekonomian di Indonesia. Dalam pertumbuhan industri kopi yang terjadi pelaku bisnis kopi harus mampu bersaing dan mempertahankan bisnisnya, salah satunya Ada Apa Dengan Kopi yang telah melakukan diversivikasi produk olahan kopinya menjadi menu es krim yang bertujuan untuk bersaing dengan kompetitornya, namun menu tersebut mengalami pembaruan rasa dan topping pada es krimnya. Sehingga dilakukanlah perancangan media promosi produk es krim Ada Apa Dengan Kopi untuk menginformasikan rasa dan topping barunya tersebut kepada konsumennya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data interaktif Miles & Huberman serta metode perancangan Design Thinking. Proses perancangan media promosi diawali dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, kuesioner, studi literatur, dan analisa kompetitor. Konsep media promosi yang dirancang yaitu video dengan jenis motion graphic 3D sebagai visualisasi produknya. Perancangan ini menghasilkan video promosi motion graphic 3D yang memiliki tampilan yang mampu menarik perhatian audiens bahwa produk es krim memiliki rasa yang nikmat untuk di konsumsi, visualisasi 3D pada produk memiliki kemiripan yang sangat baik, informatif, dan dapat menimbulkan keinginan konsumen untuk membeli. Kata Kunci: Es Krim Ada Apa Dengan Kopi, Media Promosi, Motion Graphic 3D

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JDKV

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

About the Journal Jurnal Barik is a scientific journal focused on Visual Communication Design. Managed by an experienced editorial team, this journal accepts articles related to various aspects of design, ranging from theory, practice, to the latest technologies in the field of visual design. ...