Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui studi kepustakaan, wawancara kepada informan, observasi serta studi dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan kepemimpinan, motivasi pegawai dan kinerja organisasi sehingga mutu pelayanan di Klinik Yadika Petukangan dapat di jaga kualitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi kepemimpinan telah berjalan dengan semestinya di Klinik Yadika Petukangan. Direktur klinik selaku pimpinan telah menjalankan tugas pokok seorang pemimpin dengan sangat baik yaitu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari: merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengawasi. Pemberian motivasi terhadap para pegawai yang memiliki kinerja kurang baik kerapkali diberikan oleh pimpinan klinik. Sehingga diharapkan semua pegawai memiliki kinerja yang baik demi tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Copyrights © 2020