Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Vol 2 No 2 (2021): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik

TEKNIK DAN PENDEKATAN PENANAMAN NILAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

sagiarlie, sagiarlie (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Nilai adalah apa yang orang yakini benar dan menjadi standar untuk menilai sesuatu sebagai baik, benar, berharga, dan berharga. Nilai mendorong kehidupan masyarakat, memberi makna hidup dan melegalkan perilaku masyarakat. Oleh karena itu, nilai-nilai individu dapat berdampak pada masyarakat dan karakteristik bangsa. Pendidikan seolah-olah gagal mendidik nilai-nilai universal seperti kejujuran, kesabaran, kerendahan hati dan amanah. Hal ini dikarenakan proses pendidikan yang terjadi akhir- akhir ini hanyalah pembelajaran mekanistik yang mengabaikan esensi pendidikan sebagai ahli untuk menginternalisasikan nilai-nilai universal dalam kehidupan. Ada beberapa teknik pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam mendidik nilai kepada siswanya, seperti teknik indoktrinasi, teknik penalaran moral, teknik peramalan konsekuensi, teknik klarifikasi dan teknik internalisasi. Pendekatan yang dapat digunakan guru untuk mendidik nilai melalui proses pembelajaran di sekolah adalah pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, emosional, rasional, fungsional dan model peran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tambuleng

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Tambuleng merupakan pusaran yang ada paka kepala manusia, setiap manusia memiliki pusar dikepala, tambuleng merupakan suatu filosofis pada diri manusia bahwa pusat merupakan simbol dari kehidupan manusia, dalam berpikir dan bertingkah laku, kehadiran tambuleng merupakan suatu bagian dimensi ...