Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Vol 3 No 2 (2022): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik

Metode Demonstrasi Sebagai Metode Pembelajaran Penerapan Pola Lantai Tari Di Kelas VIII SMP Kristen Palangka Raya

kristina, lina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Berdasarkan observasi yang terletak pada SMP Kristen Palangka Raya di Kelas VIII bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran yang sifatnya praktik terkhususnya di pembelajaran seni budaya pada materi seni tari. Penelitian ini menggunakan metode demonstrasi sebagai aktivitas belajar peserta didik yang dianalisiskan secara kualitatif. Metode ini merupakan salah satu jenis metode pembelajaran dengan cara memperagakan suatu benda, peristiwa, aturan dan sebagainya untuk melakukan suatu kegiatan secara langsung maupun media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil test tertulis skor terdapat 52% yang lulus standar KKM dan hasil test praktik diperoleh skor 84% yang lulus standar KKM. Untuk hasil belajar afektif diperoleh pada pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran guru saat menggajar, dapat dilihat dari adanya perubahan dan peningkatan nilai rata-rata persentase kelas yang diperoleh dengan menggunakan metode demonstrasi. Serta untuk hasil belajar psikomotorik dalam bentuk keterampilan dan kemampuan berdasarkan hasil aspek kognitif dan afektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tambuleng

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Tambuleng merupakan pusaran yang ada paka kepala manusia, setiap manusia memiliki pusar dikepala, tambuleng merupakan suatu filosofis pada diri manusia bahwa pusat merupakan simbol dari kehidupan manusia, dalam berpikir dan bertingkah laku, kehadiran tambuleng merupakan suatu bagian dimensi ...