. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui perbedaan, apakah hasil belajar peserta didik yang menggunakan media notasi musik digital berupa software flat,io lebih bagus daripada yang tidak menggunakan media notasi musik digital dalam pembelajaran seni budaya pada matari notasi musik serta untuk mengetahui efektivitas pengunaan media notasi musik digital terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni budaya dalam materi notasi musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen, untuk mengetahui kemungkinan adanya sebab dan akibat. Penelitian ini menggunakan desain true experimental dengan post-test control design. Dimana, menggunakan dua kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen sebagai sampel yang dipilih secara random/acak. Hasil dari penelitian ini ialah hasil belajar peserta didik SMK Negeri 2 Palangka Raya yang menggunakan media notasi musik digital software flat.io lebih bagus daripada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media notasi musik digital software flat.io pada pembelajaran seni budaya dalam materi notasi musik. Kemudian, penggunaan media notasi musik digital berupa software flat.io efektif digunakan untuk dapat memperbaiki hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran seni budaya pada materi notasi musik, dapat dilihat dari nilai rata – rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata – rata kelas kontrol.
Copyrights © 2024