DIDAKTIKA
Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open Ended Bermuatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Wahyuningsih, Wiwiek Sriwiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan karakter siswa dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Kayangan menjadi dasar pentingnya peningkatan kualitas pembelajaran oleh guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengimplementasikan model pembelajaran open ended bermuatan pendidikan karakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kayangan, Lombok Utara pada kelas VIII.3 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang tahun pelajaran 2022/2023. Prosedur penelitian tindakan meliputi empat tahapan, yaitu  (1) penyusunan rencana, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan rerata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 68% dengan kategori kurang, sedangkan pada siklus II sebesar 84,30% dengan kategori baik. Selain itu, rerata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,53 sedangkan pada Siklus II sebesar 85,57. Selain itu, ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 64,29% sedangkan pada siklus II sebesar 85,71%. Secara keseluruhan, implementasi model open ended dapat meningkatkan hasil belajar meningkatkan kejujuran, kedisplinan dan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Didaktika encourages the publication of articles that emphasize improving classroom teaching practices through cyclical action approaches, teacher-researcher collaboration, and implementing instructional strategies that positively impact both the learning process and student outcomes. While ...