Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 peserta didik kelas XI IPA 6 SMAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Data aktivitas peserta didik dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas peserta didik dan data hasil belajar dikumpulkan melalui lembar observasi proyek dan posttest. Data selanjutnya dianalisis melalui statistik deskriptif berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas peserta didik meningkat dari 59% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Sedangkan, persentase ketuntasan klasikal hasil belajar meningkat dari 59% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Hasil tersebut, menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berbantuan E-LKPD dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada pembelajaran dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 6 SMAN 1 Kota Bengkulu.
Copyrights © 2023