DIDAKTIKA
Vol. 1 No. 2 (2023): October 2023

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan E-LKPD

Afrianti, Yolanda (Unknown)
Dewi Handayani (Unknown)
Puspa Darti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 peserta didik kelas XI IPA 6 SMAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Data aktivitas peserta didik dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas peserta didik dan data hasil belajar dikumpulkan melalui lembar observasi proyek dan posttest. Data selanjutnya dianalisis melalui statistik deskriptif berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  persentase aktivitas peserta didik meningkat dari 59% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Sedangkan, persentase ketuntasan klasikal hasil belajar meningkat dari 59% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Hasil tersebut, menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berbantuan E-LKPD dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada pembelajaran dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 6 SMAN 1 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Didaktika encourages the publication of articles that emphasize improving classroom teaching practices through cyclical action approaches, teacher-researcher collaboration, and implementing instructional strategies that positively impact both the learning process and student outcomes. While ...