Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada pembelajaran Hakikat Ilmu Kimia dan Metode Ilmiah dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar kimia peserta didik kelas XA di SMAN 7 Mataram. Penelitian ini melibatkan partisipan 36 peserta didik yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran yang mengintegrasikan aspek budaya Begawe dalam konten pembelajaran kimia. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dengan merata-ratakan hasil ujian peserta didik dan ditemukan peningkatan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa setelah penerapan pendekatan CRT yaitu untuk siklus I sebesar 77,72 dan 83,97 untuk siklus II. Selain itu, hasil angket minat belajar menunjukkan minat sangat baik dalam belajar kimia. Adapun aspek minat yang diidentifikasi yaitu fokus atau perhatian, aktivitas atau keterlibatan, keingintahuan dalam kimia dan kebermanfaatan pelajaran kimia. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan CRT efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang relevan budaya, mendorong minat belajar, dan meningkatkan hasil belajar kimia.
Copyrights © 2024