El Wahdah : Jurnal Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2020): Desember

PENDEKATAN KEMANUSIAAN (HUMANISTIC APPROACH) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING

,, KUSWOYO (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

Bahasa Arab menjadi bahasa kedua bagi siswa-siswi madrasah. Seperti halnya ilmu-ilmu agama Islam yang menjadi ruh bagi sebuah madrasah, bahasa Arab menjadi bagian yang masih sangat penting dalam sebuah kegiatan belajar mengajar di madrasah. Karena belajar bahasa Arab tidak semudah bahasa ibu, maka perlu banyak pendekatan, metode, teknik dan strategi untuk mengajarkan bahasa Arab. Banyak sekali pendekatan untuk mengajarkan sebuah bahasa Arab bagi siswa-siswa di antaranya pendekatan kemanusiaan (humanistic approach), pendekatan berbasis media (media based approach), pendekatan mendengar-mengucapkan (aural oral approach), pendekatan analisis dan nonanalisis (analitycal and unanalitycal approach), dan pendekatan komunikatif (communicative approach).[1] Guna mengambil fokus dalam pembahasan kali ini, penulis membatasi pada pendekatan kemanusiaan (humanistic approach) dalam pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan secara daring.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elwahdah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Nahdhatul Ulama Madiun, terbit dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal El Wahdah juga merupakan media diskusi ilmiah dan menampung penelitian-penelitian yang kreatif dan inovatif untuk kemajuan di ...