Scientific Journal of Management and Business
Vol. 4 No. 1 (2024): VOLUME 04 NOMOR 01 TAHUN 2024

Pengaruh Sistem Pemasaran dan Inovasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing UKM Kuliner

Sedho, Emerensiana (Unknown)
Langga, Lambertus (Unknown)
Jamu, Maria Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Sistem Pemasaran dan Inovasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing pada Usaha Kecil Menengah Kuliner Rumah Makan yang ada di Kota Ende. Teknik pengambilan sampel mengunakan metode sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 32 pelaku usaha. Teknik pengumpulan datanya mengunakan observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1.) Variabel Sistem Pemasaran berpengaruh terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Kuliner Kota Ende 2) Variabel Inovasi berpengaruh terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Kuliner Kota Ende..Hasil dari uji koefisien determinasi (R2) yang dinyatakan dengan nilai R Square yaitu sebesar 0,868, Hal ini menunjukan bahwa variabel sistem pemasaran dan inovasi mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap keunggulan bersaing yaitu sebesar 86,8 %

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sjmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Scientific Journal Of Management And Business (SJMB) dengan nomor registrasi ISSN 2776-009X (Print) dan ISSN 2807-5897 (online) adalah jurnal yang diterbitkan dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Flores. SJMB ini ...