Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Sistem Pemasaran dan Inovasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing pada Usaha Kecil Menengah Kuliner Rumah Makan yang ada di Kota Ende. Teknik pengambilan sampel mengunakan metode sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 32 pelaku usaha. Teknik pengumpulan datanya mengunakan observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1.) Variabel Sistem Pemasaran berpengaruh terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Kuliner Kota Ende 2) Variabel Inovasi berpengaruh terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Kuliner Kota Ende..Hasil dari uji koefisien determinasi (R2) yang dinyatakan dengan nilai R Square yaitu sebesar 0,868, Hal ini menunjukan bahwa variabel sistem pemasaran dan inovasi mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap keunggulan bersaing yaitu sebesar 86,8 %
Copyrights © 2024