Issues in Mathematics Educations (IMED)
Vol. 9 No. 1 (2025): Volume 9 Nomor 1 Tahun 2025

Scaffolding Metakognitif dalam Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar Auditorial

Azizah, Rifdah (Unknown)
Tahmir, Suradi (Unknown)
Asdar, Asdar (Unknown)
Nurhasanah, Nurhasanah (Unknown)
Hirpan, Hirpan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Abstrak. Jenis penelitian ini adalah kajian literatur yang didesain untuk menggali secara mendalam tentang pemberian scaffolding metakognitif dalam pemecahan masalah geometri terhadap data subjek-subjek bergaya belajar auditorial. Oleh sebab itu, peneliti mencari hasil penelitian disertasi dan artikel nasional maupun internasional terindex scopus kemudian menganalisanya sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa dengan penerapan ekspositori atau pembelajaran langsung guru dapat mengajar secara rinci dengan melakukan metode yang berbeda dan berkelanjutan secara rutin seperti menampilkan video, gambar, dan mendengarkan musik. Guru juga mengarahkan siswa untuk berdiskusi dengan temannya agar mereka saling bekerjasama dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Guru dapat memberikan scaffolding metakognitif untuk meningkatkan pencapaian belajar siswa serta mendukung proses monitoring dan kontrol siswa-siswanya. Guru dapat menggunakan media ajar teknologi Realitas Virtual (VR) dan Augmented Reality (AR) juga semakin diperkenalkan dalam konteks pembelajaran audio visual, memungkinkan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan mendekati realitas dalam pemecahan masalah geometri bangun ruang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IMED

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to ...