Bandar udara merupakan tempat yang berperan penting dalam berlangsungnya aktivitas transportasi udara. Pelayanan penumpang merupakan hal utama yang harus diperhatikan karena hal ini menjadi tolak ukur bagi pengguna jasa. PT. Angkasa Pura I merupakan perusahaan penyedia jasa kebandarudaraan. Permasalahan dalam penelitian ini analisis fasilitas pelayanan penumpang dengan cara survei penelitian dan pengolahan data berdasarkan peraturan kebandarudaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui fasilitas pelayanan penumpang khususnya di area ruang tunggu keberangkatan terminal domestik bandara Juanda Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk mendapatkan data berupa pengamatan dan asumsi dengan cara menilai tingkat kesesuaian prosedur melalui data. Menurut survei di lapangan. Hasil yang didapatkan tentang fasilitas utama pelayanan penumpang yang ada di area ruang tunggu sudah sesuai dengan PM 178 Tahun 2015, namun untuk beberapa fasilitas penunjang seperti fasilitas air minum, fasilitas area merokok dan ATM center masih belum tersedia.
Copyrights © 2023