Pengembangan Model Internalisasi Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melaluiValue Clarification Technique. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa pembelajaran PAI (PendidikanAgama Islam) terkesan kurang efektif dalam penanaman nilai afektif pada peserta didik sehingga dianggap tidakfungsional. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran agama yang cenderung dominan disampaikan dengan modelverbalistik dan normatif-doktriner. Sebagai solusi alternatif, penelitian ini dilakukan dengan pokok masalah,yaitu bagaimana implementasi model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dapat mengembangkanpotensi afektif dalam pembelajaran PAI. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembanganpotensi afektif siswa melalui penerapan VCT. Penelitian ini termasuk pada kategori penelitian lapangan denganmenggunakan pendekatan kualitatif dalam sistem pengumpulan data dan analisis data. Hasil penelitianmenunjukan bahwa dengan mengembangkan model pembelajaran VCT dalam pembelajaran PAI, internalisasinilai-nilai keagamaan dapat ditanamkan secara efektif dan efisien melalui pengungkapan sikap, nilai, dan moralsiswa terhadap suatu kasus yang disajikan oleh guru.
Copyrights © 2015