Media pembelajaran merupakan salah satu alat atau perantara yang dapat membantu proses belajar dalam menyampaikan informasi dengan tujuan merangsang peserta didik melalui indera yang dimilikinya, proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Aceh Besar berlangsung menggunakan metode ceramah dan menggunakan media buku ajar, sehigga siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis hasil uji kelayakan media siswa terhadap media pembelajaran audio visual berbasis video. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE tahapan model ADDIE terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli media dan 2 ahli materi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Teknik analisisi data menggunakan uji kelayakan. Hasil penelitian dari kelayakan media diperoleh 84% dengan kriteria sangat layak, kelayakan materi sebesar 78% dengan kriteria layak. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis video pada materi sistem pencernaan layak digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025