Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 1 (2024): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT MELALUI METODE TEAM KUIS

Rasnida, Rasnida (Unknown)
Yahya, Amran (Unknown)
Masrura, Sitti Inaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX SMP Negeri 8 Satu Atap Majene dengan menggunakan media pembelajaran berbasis power point melalui metode team kuis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 14 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket minat belajar, angket respon siswa, tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan lembar observasi (Guru dan siswa). Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan deskriptif, Kemudian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari siklus I ke siklus II, dengan menggunakan media pembelajaran berbasis power point melalui metode team kuis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...