Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 2 (2024): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PERSPEKTIF GLOBAL TENTANG KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA TINJAUAN BIBLIOMETRIK

Allisa Madepera (Unknown)
Nur Robiah Nofikusumawati Peni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan informasi berkaitan dengan tren penelitian global tentang topik kesulitan belajar matematika karena belum tersedianya penelitian bibliomterik berkaitan dengan topik tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan merujuk pada artikel dan prosiding internasional pada basis data Dimensions dari rentang tahun 1985 hingga 2024. Dalam penelitian ini Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) dijadikan acuan pada setiap langkah yang digunakan. Untuk menampilkan tren terbaru dalam topik kesulitan belajar matematika, dalam penelitian ini menggunakan aplikasi VOSviewer. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa topik penelitian “kesulitan belajar matematika” akan menjadi tren global di masa yang akan datang. Artikel karya Utami dan Cahyono yang berjudul Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring dapat dijadikan referensi karena menjadi artikel yang paling sering dirujuk pada topik penelitian ini. Selanjutnya, bidang penelitian yang paling relevan dengan topik ini adalah Bidang Education. Pada network visualization terbaru menampilkan 184 istilah, 10 klaster, 2612 tautan. Istilah yang paling populer dalam penelitian saat ini pada hasil overlay visualization yaitu siswa SD, materi bangun datar dan materi FPB KPK. Hasil dari density visualization menampilkan bahwa harapan untuk penelitian yang akan datang dengan topik kesulitan belajar matematika dapat dikaitkan dengan contextual learning, place value, times student, qualitative descriptive, mathematical concept dan algorithms application karena masih jarang digunakan. Berdasarkan informasi tren dan inovasi yang telah didapatkan dalam penelitian ini, peneliti memberikan rekomendasi untuk mengaitkan topik kesulitan belajar matematika dengan topik yang memiliki tingkat visualisasi tidak jenuh untuk penelitian yang akan datang. Kata Kunci: Analisis Bibliometrik, Dimensions, Kesulitan Belajar Matematika, VOSviewer

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...