Mores: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik dan Kewarganegaran
Vol. 2 No. 2 (2020): Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Kewarganegaraan

HABITUASI NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOPAN SANTUN SISWA

Eneng Martini (STKIP Pasundan Cimahi)
Arita (STKIP Pasundan Cimahi)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2020

Abstract

Habituasi nilai-nilai religius dalam meningkatkan etika sopan santun siswa harus dilaksanakan disetiap sekolah. Sekolah sebagai lembaga formal pendidikan seharusnya mampu mendidik siswa-siswinya baik segi kognitif, afektif ,maupun skill. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) Habituasi nilai-nilai religius di SMK Marga Insan Kamil, (2) cara membiasakan nilai-nilai religius di SMK Marga Insan Kamil, (3) cara meningkatkan etika sopan santun di Marga Insan Kamil. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Habituasi nilai-nilai religius di SMK Marga Insan Kamil adalah (a) membiasakan siswa agar memiliki rasa cinta pada Al-Qur’an, Hadist dan cinta kepada Allah SWT, (b) membiasakan siswa agar menghargai waktu, dan orang lain, dan (c) menanamkan nilai religius kepada siswa. (2) cara membiasakan nilai-nilai religius di SMK Marga Insan Kamil yaitu melalui: (a) kegiatan Remaja Studi Islam, (b) pemberian motivasi, dan (c) mengadakan sosialisasi mengenai nilai-nilai religius.(3) cara meningkatkan etika sopan santun di Marga Insan Kamil yaitu dengan (a) memberikan bimbingan dan arahan tentang etika sopan santun (b) guru menjadi role modeling etika sopan santun disekolah.    

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mores

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Mores: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik dan Kewarganegaran diterbitkan Prodi. PPKN, STKIP Pasundan Cimahi. Para editor menerima artikel yang menjelaskan penelitian teoritis dan eksperimental terbaru terkait dengan (1) artikel Teoritis; (2) studi empiris; (3) Makalah berorientasi praktik; (4) ...