Mores: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik dan Kewarganegaran
Vol. 2 No. 1 (2020): Lifelong Education dalam Pembelajaran PKn

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM KERANGKA KONSEP LIFELONG EDUCATION

Trihastuti, Meiwatizal (Unknown)
Fajar, Arnie (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pendidikan Kewarganegaraan dalam kerangka konsep lifelong education. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan dimensi penting yang harus dimiliki oleh generasi muda guna meningkatkan kebiasaan berfikir kritis, analisis, bersikap dan bertindak demokratis yang akan melahirkan warga negara yang cerdas, terampil dan berkarakter. Dengan lifelong education generasi muda akan mendapatkan konsep, belajar yang berkesinambungan (continuing learning). Metode yang dingunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Penelitian ini mempergunakan sumber perpustakaan dalam mengumpulkan dan untuk memperoleh data-data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan bila dijadikan sebuah kerangka konsep lifelong education, dapat di jadikan empat tahapan yaitu, a) Kehidupan Fisik dan Fikiran; b) Proses Belajar; c) Metode Mencari Jawaban; dan Metode SQ3R. Dengan demikian, pendidikan kewarganegaraan dalam kerangka konsep lifelong education yang melibatkan warganegara di dapat melahirkan warga negara yang cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945 yaitu warganegara yang memiliki kompetensi yang baik berkualitas sebagai warganegara yang aktif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mores

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Mores: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik dan Kewarganegaran diterbitkan Prodi. PPKN, STKIP Pasundan Cimahi. Para editor menerima artikel yang menjelaskan penelitian teoritis dan eksperimental terbaru terkait dengan (1) artikel Teoritis; (2) studi empiris; (3) Makalah berorientasi praktik; (4) ...