Perubahan sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran virtual yang terjadi secara tiba-tiba karena pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Keberhasilan guru dalam mengatasi kesulitan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran virtual dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor eksternal dan faktor internal yang dapat mempengaruhi siswa mengalami kesulitan mengemukakan pendapat pada pembelajaran virtual. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini, mengguanakan metode kualitatif. Dapat disimpulkan faktor eksternal dan faktor internal pada siswa yang mengalami kesulitan mengemukakan pendapat pada pembelajaran virtual berada pada kriteria yang cukup tinggi. Adapun faktor eksternal siwa yang mengalami kesulitan mengemukakan pendapat pada pembelajaran virtual adalah kurangnya sistem perekonomian keluarga dan gangguan dari teman sekelas yang mengakibatkan siswa merasa tidak percaya diri. Sedangkan faktor internal siswa yang mengalami kesulitan mengemukakan pendapat pada pembelajaran virtual adalah kurangnya rasa percaya diri.
Copyrights © 2021