Journal of Innovation and Learning
Vol. 1 No. 2 (2022): August

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Aktivitas Siswa

Husniati, Rohil (Unknown)
Gita, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 2 Singaraja melalui penerapan PBL dengan metode Mind Mapping.Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus berupa soal essay.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas belajar siswa pada siklus I berkategori cukup dan pada siklus II aktivitas belajar siswa berkategori sangat tinggi. Dapat dilihat terdapat peningkatan kategori aktivitas belajar siswa dari tiap siklus. Berdasarkan analisis hasil evaluasi belajar siswa, persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah 79,41% dan 88,23%. Dari hasil belajar, terlihat bahwa terdapat peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II yang menandakan prestasi belajar siswa meningkat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan metode Mind Mappingpada pembelajaran logika matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 2 Singaraja.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIL

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching, especially ...