Journal of Innovation and Learning
Vol. 2 No. 2 (2023): August

Implementasi Model NHT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing dan Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola

Grace Yuliana, Putri (Unknown)
Suwiwa, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada keterampilan teknik dasar passing dan kontrol kaki bagian dalam dalam permainan sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik dari salah satu kelas X tingkat SMA. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas belajar serta tes kompetensi pengetahuan dan keterampilan, dengan instrumen yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata aktivitas belajar siswa berada pada kategori aktif (7,07), dengan ketuntasan kompetensi pengetahuan sebesar 66% dan keterampilan sebesar 44%. Pada siklus II terjadi peningkatan, dengan rata-rata aktivitas belajar menjadi 7,91 (aktif), ketuntasan kompetensi pengetahuan mencapai 94%, dan keterampilan meningkat menjadi 87,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa implementasi model NHT berkontribusi positif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih partisipatif dan bermakna, serta mampu meningkatkan keterlibatan siswa baik secara kognitif maupun psikomotorik. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIL

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching, especially ...