Pembelajaran akan bermakna apabila guru melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran sehingga hasil belajar Matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa kelas V SD Jomblangan Kecamatan Banguntapan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas V yang berjumlah 37 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya Pembelajaran Matematika Realistik pada proses pembelajaran matematika dalam materi operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika. Kualitas proses pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase partisipasi siswa dari siklus I sebesar 74,39% menjadi 88,56% pada siklus II. Meningkatnya hasil belajar matematika dapat dilihat dari pra tindakan menunjukkan bahwa sebanyak 8 siswa (21,62%) telah mencapai KKM kemudian pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (51,35%) dan pada siklus II meningkat menjadi 32 siswa (86,5%).
Copyrights © 2023