Journal of Innovation and Learning
Vol. 1 No. 2 (2022): August

Pengembangan Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas VI Sekolah Dasar

Ayu Olistia, Ni Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran IPS yang berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar IPS siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas serta efektivitas komik digital berbasis problem based learning materi proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta statistik inferensial. Dari hasil review ahli rancang bangun pengembangan diperoleh skor sebesar 90%, ahli isi/materi pembelajaran diperoleh skor sebesar 90%, ahli desain pembelajaran diperoleh skor sebesar 91%, ahli media pembelajaran diperoleh skor sebesar 92%, uji coba perorangan diperoleh skor sebesar 97,50%, uji coba kelompok kecil diperoleh skor sebesar 95,28% dan uji coba lapangan diperoleh skor sebesar 96,13% yang secara keseluruhan berkualifikasi sangat baik sehingga komik digital berbasis problem based learning yang dikembangkan layak digunakan. Hasil dari uji efektivitas diperoleh thitung sebesar 26,15 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan db=38 sebesar 2,021, maka thitung lebih besar daripada ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komik digital berbasis problem based learning efektif diterapkan pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIL

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching, especially ...