Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 1 No. 1 (2013)

PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI GRADIEN DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PALU

I Putu Adi Yusnawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2013

Abstract

Abstrak: Masalah rendahnya pemahaman siswa pada materi gradien adalah aspek penting dalam proses belajar mengajar matematika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memperoleh deskripsi penerapan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi gradien di kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi gradien, dilakukan dengan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari dua siklus yang dilakukan mengalami peningkatan pemahaman sesuai dengan indikator keberhasilan tindakan, yang ditempuh melalui metode penemuan terbimbing dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) perumusan masalah, 2) pemrosesan data, 3) penyusunan dugaan sementara (konjektur), 4) pemeriksaan dugaan sementara, 5) verbalisasi dugaan sementara, 6) umpan balik. Kata Kunci: Metode Penemuan terbimbing; Pemahaman; Gradien. Abstract: The problem of low student understanding on the items gradient is an important aspect in teaching and learning mathematics. This research was conducted with the aim of obtaining a description of the application of reinvention methods which can increase student understanding of the items gradient in class VIII SMP Negeri 9 Palu. To improve students' understanding of the items gradient, done with class action research refers to the model of Kemmis and Mc. Taggart which consists of four components, namely: 1) planning, 2) implementation of the action, 3) observation, 4) reflection. The results of this study indicate that two cycles are carried out to increase understanding according to indicators of the success of the action, taken through reinvention method with the following steps: 1) formulation of the problem, 2) data processing, 3) the preparation of the provisional estimates (conjecture), 4) examination of provisional estimates; 5) verbalization provisional estimates; 6) feedback. Keyword: Reinvention methods; Understanding; Gradients

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...