Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 2 No. 2 (2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMPN 15 PALU

Ummi Mu’afiah (Unknown)
Sutji Rochaminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas VII SMPN 15 Palu tahun ajaran 2014/2015. Jenis pe­nelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pe­laksana­an tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, catat­an lapangan, dan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pe­nerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 15 Palu mengikuti fase-fase yaitu: (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, (2) menyajikan informasi, (3) penomoran, (4) mengajukan per­tanyaan yang dituangkan dalam LKS, (5) berpikir bersama, (6) menjawab (evaluasi), (7) mem­­berikan peng­hargaan. Kata Kunci: NHT, hasil belajar, operasi hitung campuran bilangan bulat. Abstract: This research aim to obtain a description about application of cooperative learning of Numbered Heads Together (NHT) that can improve student’s study result on operate for to mixture of integer in class VII SMPN 15 Palu. This research is a classroom action research (CAR). The design of this research refered to the kemmis’ and Mc. Taggart’s research design, that consist of 4 components, those are (1) planning, (2) action, (3) observation, (4)reflection. This research was conducted in two cycles. Data of this research was collected through observation sheet, interview, note fields, and dataof student’s study result. The research result showed that the application of cooperative learning of NHT can improve student’s study result on operate for to mixture of integer in class VII SMPN 15 Palu following these steps namelyl (1) submitting target and motivate student, (2) presenting information, (3) numbering, (4) raising question in spread sheet student, (5) thinking together, (6) replying (evaluate), (7) giving appreciation. Keywords: NHT, learning outcomes, operate for to mixture of integer

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...