Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 2 No. 3 (2015)

PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JUMLAH BESAR SUDUT-SUDUT SEGITIGA DI KELAS VII SMP PGRI SIENJO

Sakina A. Bajuber (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan metode penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jumlah besar sudut-sudut segitiga di Kelas VII SMP PGRI Sienjo. Penelitian ini dilakukan dua siklus, rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis’ dan Mc.Taggart’s yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing yaitu merumuskan masalah, menganalisis data, menyusun konjektur, verbalisasi konjektur dan menyediakan soal latihan. Penelitian ini dikatakan berhasil, dengan melihat hasil observasi siswa dan hasil observasi guru yang banyak muncul pada lembar observasi. Pada siklus I siswa belum mampu menjumlahkan besar sudut-sudut dalam segitiga dan pada siklus II adalah siswa mampu menentukan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga. Kata Kunci: penemuan terbimbing, hasil belajar. Abstract: This research aim to obtain description about the application of the guided discovery method in effort to improve student’s learning outcomes on sum of triangular corners in class VII SMP PGRI Sienjo. This research was conducted in two cycles, and the design of this research refers to Kemmis’ and Mc.Taggart’s research design that is planning, action, observation, and reflection. The steps that was conducted in learning with used the guided discovery method those were formulate the problems, analyze the data, arrange a conjecture, verbalization of conjecture and provide exercises. This research is successful by looking the result of students' and teacher's observation in observation sheet. In the first cycle students had not been able to add up the corners within triangle and in the second cycle students were able to determine the relationship of within and outside corner of the triangle Keywords: guided discovery methods, learning outcomes.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...