Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 2 No. 4 (2015)

PENERAPAN STRATEGI POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SOAL CERITA PERSEGI PANJANG DI KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU

Moh. Nur’Amal (Unknown)
Baharuddin Paloloang (Unknown)
Abdul Hamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2015

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan strategi Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita persegi panjang di kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini adalah peneliti­an tindakan kelas (PTK) dan desain penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita persegi panjang di kelas VII SMP Negeri 19 Palu, dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) memahami masalah, (2) merencanakan cara penyelesaian, (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan (4) melihat kembali solusi lengkap. Kata Kunci: strategi Polya, hasil belajar, soal cerita dan persegi panjang. Abstract: The purpose of this research is to obtain a description about the application of Polya strategies that can improve student learning outcomes in a rectangular material about the word problem in class VII SMP Negeri 19 Palu. This was a classroom action research. design refers to the design of the research Kemmis and Mc. Taggart, that is planning, action and observation, and reflection. Types of data used is qualitative data and quantitative data with data collection techniques are observation, interviews, field notes, and test. This research was conducted in two cycles and each cycle was conducted in two sessions. Based on the results of this research indicate that the application of Polya strategies that can improve student learning outcomes in a rectangular material about the word problem in class VII SMP 19 Palu, by following the steps as follows: (1) understand the problem, (2) the plan of settlement, (3) implement plans of problem solving, and (4) look back at the complete solution. Keywords: Polya strategy, learning outcomes, word problem, rectangular.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...