Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 2 No. 4 (2015)

ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 7 PALU

Ratna (Unknown)
Dasa Ismaimuza (Unknown)
Rita Lefrida (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 7 Palu. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan meng­gunakan teknik pengumpulan data yaitu pemberian tes dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data, dilakukan dengan teknik triangulasi metode yaitu mencari kesesuaian data hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang melaku­kan kesalahan-kesalahan seperti kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural, dengan kesalahan konseptual meliputi kesalahan konsep dan fakta. Sedangkan kesalahan prosedural meliputi kesalahan tidak menyamakan penyebut dengan benar, kesalahan melakukan pengerjaan yang tidak lengkap dan tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dari soal, yang memerlukan perhatian dan bimbingan lagi. Kata kunci: jenis kesalahan, operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Abstrak: Aim’s this research is to get description about various of faults that done by student and causative factors student do faults in solve quetion about addition and substraction form algebra at class VIII SMP Negeri 7 Palu. The data in this research, it’s collecting with by use data collected tech is given test and interview. To examine data authenticity, done by tech of triangulation methodics which is look for data suitability result of test and interview. The result of this research show that still a lot of student that do faults such as conceptual and prosedural’s fault, with conceptual fault consist of concept and fact fault. Meanwhile prosedural fault consist of fault not equal denominator correctly, fault does working not complete and not write that acknowledged and is asked from question, that require attention and guidance again. Keywords: various of faults, operate for sum computing and algebra form cut back.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...