Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 4 No. 2 (2016)

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMPN 9 PALU

Nening Gumanambo (Universitas Tadulako)
Sukayasa (Universitas Tadulako)
Gandung Sugita (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan matematika realistik (PMR), yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljbar di kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMPN 9 Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar meningkat, dengan mengikuti tahap-tahap PMR, yaitu: 1) memahami masalah kontekstual, 2) menyelesaikan masalah kontekstual, 3) membandingkan dan mendiskusikan penyelesaian, 4) menyimpulkan. Kata kunci: Pendekatan Matematika Realistik (PMR), hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Abstract: This study aimed to describe the application of Realistic Mathematics Education (RME) approach able to improve students learning outcomes to content addition and reduction form algebra in grade VIIB SMP Negeri 9 Palu. The study design refers to the model Kemmis and Mc. Taggart that is planning, action, observation, and reflection. The results of the study showed that through the application of the approach Realistic Matematics Education (RME) can improve learning autcames graders VIIB SMPN 9 Palu on a material additional and subtraction of algebraic for, with the steps of RME (1) understanding problem, (2) solving problem, (3) comparing and discusing answer, (4) concluding. Keywords: Realistics Mathematics Education student achievment, additional and subtraction of algebra form.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...